Sabtu, 11 Oktober 2014

Tentang Ina Fatah

Ruziana
Biografi
Ruziana, wanita kelahiran Padangpariaman, 7 September 1980, menamatkan pendidikan formalnya dari TK hingga SMA di kota asalnya, Padang, Sumatera Barat. Sempat mengikuti pendidikan pers selama 1 tahun dan bekerja di bidang jurnalistik selama kurang lebih 2 tahun di Padang, akhirnya memutuskan pindah ke Kota Tanjungpinang pada tahun 2002.


Setelah lebih kurang 10 tahun aktif di bidang jurnalistik, wanita yang lebih suka memakai nama pena Unizara itu, bekerja di bidang yang tidak jauh dari pekerjaan sebelumnya. Saat ini, ibu satu anak itu menjadi staf PR di sebuah perusahaan jasa penyiaran di Kota Tanjungpinang.
Ia juga aktif di sejumlah organisasi wanita dan sosial. Ia juga tercatat sebagai mahasiswi akhir Fakultas Ilmu Sosial Politik jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Terbuka, Batam.
Di tengah kesibukan barunya mengurus keluarga kecil dan karir baru,  ia tetap menulis khususnya mengelola blog pribadinya http://catatan-ina.blogspot.com/ . Bahkan ia masih aktif mengikuti sejumlah lomba menulis tingkat nasional, maupun kompetisi blog.

Kepenulisan
Hobi menulisnya tidak terlepas dari hobi membaca sejak kecil. Namun, keterbatasan sarana untuk menulis membuatnya tidak bisa mengembangkan bakatnya saat masih duduk di bangku sekolah.
Ia baru bisa menyalurkan hobi menulis ketika mengikuti pendidikan pers setamat SMA. Sejumlah cerpen remaja, cerita anak dan cerita bahasa Minang pernah karyanya pernah dimuat di sebuah koran mingguan di Padang.
Saat hijrah ke Kota Tanjungpinang, ia makin bisa mengembangkan bakat menulisnya khususnya di bidang sastra. Perkenalannya dengan sejumlah penulis lokal maupun nasional  seperti di ajang Temu Sastrawan Indonesia III dan  sosial media serta bergabung dalam komunitas yang sesuai, membuatnya makin memacu untuk berkarya dan berekspresi.
Ia pernah tampil membaca puisi di sejumlah acara seni di Kota Tanjungpinang dan menjadi pembicara di bidang kepenulisan untuk kalangan mahasiswa dan pelajar.

Penghargaan
Beberapa penghargaan pernah diraihnya adalah, Juara pertama dan kedua pada Sayembara Menulis Cerpen Kota Tanjungpinang Tahun 2007. Pada saat itu, dua judul cerpen karyanya, KaTePe dan Surat memikah hati para juri.
Tahun 2009 ia juga meraih juara pertama anuerah jurnalistik Kota Tanjungpinang.
Tahun 2010, cerpennya yang berjudul “Tetangga Baru “ juga berhasil dipilih kurator nasional Temu Sastrawan Indonesia III yang diadakan di Kota Tanjungpinang dan masuk dalam buku antologi Ujung Laut Pulau Marwah.
Tahun 2014 ini, ia meraih juara dua kompetisi blog tingkat nasional bertema  “BNI Simponi” yang diadakan oleh Bank BNI Pusat.


Hasil Karya
  • Buku Kumpulan Cerpen ‘Penyengat Aku Akan Kembali” tahun 2007
  • Cerpen ”Surat ” dan ’KaTePe”, dimuat di buku antologi cerpen Kota Tanjungpinang, tahun 2008
  • Buku Kumpulan Cerpen Anak ”Perpustakaan Mini Tasya” tahun 2008
  • Cerpen ” Kursi Sang Datuk” tahun 2009, dimuat di koran Haluan Kepri
  • Cerpen ”Tetangga Baru” tahun 2010, dimuat di buku antologi Ujung Laut Pulau Marwah
  • Puisi ”Kasih, Aku Rindu”  ”Bila Waktu itu Tiba”  ”Tuhan, Aku Datang ” di muat di Buku Taman Para Penyair , Antologi Puisi  Penyair Kepri. Tahun 2010.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar